CorelDRAW Tips, Tricks, Tutorials and more

Thursday, August 2, 2012

Software

Mungkin sebagian umat udah tahu apa itu software atau perangkat lunak. namun kali ini sengaja saya hadirkan tentang apa itu software. karena kebanyakan umat yg menganut kepercayaan terhadap teknologi informasi masih belum beriman kepada perangkat yg tidak dapat disentuh alias software. pada dasarnya software bukan cuma satu tp terbagi beberapa jenis. antara lain :
  • Application Software, atau biasa disebut aplikasi atau program dan gak pernah tau dan gak mau tau kalo ada yg menyebutnya sikewer. mis, Ms. Office 2010, CorelDRAW X6, Photoshop. dll
  • System Software atau Operation System, disingkat OS, jika ada yg memberi singkatan SO, berarti sungguh terlalu. yg merupakan software yg dibuat utk menghubungkan perangkat atau komponen komputer agar komputer tsb bisa digunakan. contohnya, windows 7, Mac OSX, Ubuntu dsb.
  • Programming Software, yg mungkin biasa disebut bahasa pemrograman, adalah software yg digunakan utk melakukan riset atau pengembangan dan menciptakan sofware. mis. Pascal, Java, dsb.

berdasar dari ketiga macam-macam software diatas, maka dibagi lagi ke beberapa kategori berdasarkan apa yg kurang begitu saya pahami dan malas utk saya pahami. dan beberapa diantara adalah :

 - berdarkan arsitektur atau Software architecture. diantaranya, platform yg meliputi Firmware, OS, Device Driver, termasuk GUI (Graphic User Interface) yg kesemuanya merupakan software yg bisa digunakan oleh penggunanya utk berinteraksi dgn komputernya ataupun komputer kantor, komputer teman juga bisa.

- Documentation Software, adalah merupakan yakni yaitu ialah software yg bertujuan sesuai dgn kategorinya yoiku, dokumentasi. yg bertujuan utk mengenalkan software kepada penggunanya tentang apa ini apa itu dan bagaimana cara menggunakannya, khususnya software yg dirancang sangat khusus dan relatif kompleks atau rumit. mis. Photoshop atau AutoCAD. dsb

- selanjutnya adalah software yg langsung saya lompati melewati beberapa software yg menurut saya malas utk saya pahami. yaiyu berdasarkan lisensi : ada yg namanya OEM, yaitu sofware yg disertakan dalam pembelian suatu perangkat atau komputer. mis, software Nero atau Power DVD yg disertakan pada pembelian CD/DVD DRIVE merk tertentu.

- lalu Freeware, yaitu software yg diberikan secara cuma-cuma alias gratis. dan bisa dimodifikasi dan di distribusikan. adapun freeware yg yg bersifat Non-Cormercial Use atau Personal Use yg maksudnya agar freeware tsb tidak di boleh dijual atau dibagi-bagikan secara bebas.

- selanjutnya Shareware, hampir sama dgn freeware, namun shareware hanya bs digunakan dalam tempo atau jangka waktu tertentu dan beberapa batasan lainnya. shareware bisa juga disebut Trial atau Demo.

hingga saat ini sudah tak terhitung jumlah software yg ada jagat raya ini.
dengan bebasnya peredaran software didunia ini, mulai yg gratis ampe yg tadinya berbayar dgn nominal yg lumayan tinggi namun dgn begitu mudah didapatkan hanya dengan bermodal flashdisk, internet, dan budget yg relatif rendah. sehingga bebas pula software tsb terinstal di kompi kesayangan tanpa harus tahu apa kegunaan software tsb.
Namun apakah arti software tsb bagi anda, apakah sekedar pengisi kekosongan pada komputer ??? atau begitu pentingnya sehingga software favorite anda tsb slalu ada dlm flashdisk/HDD/memory card anda, meski belum punya komputer???

Sebab ada beberapa kasus yg sering dihadapi oleh teman2 pakar IT yg ada disamping rumah saya. kutipan percakapannya sbb:

customer : tolong dong kompi saya lelet banget. bisa di di apa2in gitu... biar lebih ngejreng....
teknisi : oh... bisa dong, apa sih yg gak bisa disini... [kompi dah nyala] oh... terlalu banyak aplikasinya nih, makanya jadi lelet. dan kyaknya memorinya perlu ditambah jg nih.
customer : oh gitu ya, ya udah deh... terserah sampeyan aja mo diapain yg penting gak lelet lagi.
teknisi : [sekitar 50 menit kemudian] nih kompinya dah selesai di instal ulang. dan upgrade memory...
 sebulan kemudian datang lg si customer
customer : nih, koq jd lelet lg. padahal kan baru sebulan dibaikinnya
teknisi : [pas dinyalain] wow banyak bgt programmnya. yg nih buat apa'an,
customer : oh, itu baru ditambain kemarin soalnya penting utk kuliah
teknisi : anti virusnya koq ampe 3 segala.
customer : biar tambah aman sih katanya.
teknisi : trus yg ini???
customer : oh itu, gak tau dari mana, gak pernah buka2 jg. dari sampeyan kali,
kalo yg ini kyknya dr teman saya. katanya ini bagus tp saya gak tau cara makenya.
trus yg ini dr adik dan kakak saya. katanya pake ini lebih bagus. tp saya jarang pake.
nah yg ini dari nenek saya biar bisa chatting dan webcam-an gitu.
kalo yg ini sih, biar diliat temen dan dikira saya bisa padahal boro2, buka aja gak ngerti.
kalo ini, aq download, katanya gratis dan full tp gak tau ini buat apaan.
teknisi : oke kalo gitu saya instal ulang aja ya.
customer : oke deh, gmana baiknya lah.

lagi lagi instal ulang dgn dvd intalasi OS yg sudah dimodifikasi utk berjalan kencang dan beberapa software yg sudah di auto instalasi didalamnya yg belum tentu si pemilik bs menggunakannya.


berdasarkan dr percakapan diatas sudah pasti kita bisa membayangkan seberapa besar kebutuhan kita terhadap software yg bisa menjadi teman hidup dalam berinteraksi dgn komputer. sekaligus bagaiman cara memperlakukan komputer dgn baik.
yg diatas hanya mengenai sebagian kecil permasalahan atau troubleshooting software. belum lagi masalah hardware yg biayanya bisa membuat kita berpikir utk membeli komputer/laptop yg baru. iya kalo masih bisa beli, kalo gak??? bisa2 terbengkalai tuh kompi.

dan utk troubleshooting atau penyelesaian masalah akan saya bahas pada masing2 jenis permasalahannya di episode berikutnya. so jangan kemana2 tetap di......... ya'eeee

No comments:

Post a Comment