CorelDRAW Tips, Tricks, Tutorials and more

Friday, February 19, 2010

Terminology

Process Technology
Istilah industri yg mengacu pada ukuran gerbang poly silicon pada mikroprosesor. ukuran disini berkolerasi langsung dgn kecepatan dan daya yg dibutuhkan oleh mikroprosesor. jika ukuran dikurangi, maka kecepatan prosesor (MHz) meningkat, sementara kebutuhan daya menurun secara signifikan. 

Chipset
chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yg dipake buat nyimpan info dan instruksi di komputer. setiap komponen kompi(komputer) punya chip didalamnya. chipset pada motherboard/mainboard mengontrol setiap masukan dan keluaran(input-output) yg mendasar dari kompi.


FSB (Front Side Bus)
Pada mikroprosesor, FSB menghubungkan prosesor dgn memory utama. FSB digunakan sbg Mak Comblang ato mengkomunikasikan antara motherboard dgn komponen lainnya.

IDE (Integrated Drive Electronics)
sebuah tipe hardware interface yg dipake buat nyambungin Hard disk, CD ROM di kompi. IDE sangat popular dan banyak digunakan karena menyediakan cara yg terbilang ekonomis untuk nyambungin komponen-komponen hardware. namun sayang posisinya mulai tergantikan oleh SATA karna si SATA lebih simple dan cepat transfer datanya.


PATA / ATA (Parallel Advance Technology Attachment)
Sebuah implementasi komunikasi data secara paralel dari disk drive dengan controller berbasis IDE, dgn lebar data yg ditransfer sebesar b-bit


SATA (Serial ATA)
merupakan evolusi dari PATA pada interface penyimpanan data yg pake kabel tunggal dg 4 kawat dan terhubung secara point to point(maksudx apa aq gak tau). sehingga kecepatan transfer ampe 150 Mbps.




 

No comments:

Post a Comment