CorelDRAW Tips, Tricks, Tutorials and more

Friday, February 19, 2010

sabar menghadapi musibah dan keutamaannya

Musibah/bencana seperti gempa bumi, tsunami, badai atau prahara, bahkan patah hati memang menimbulkan penderitaan. namun bagi seorang muslim, dibalik semua itu sesungguhnya ada keutamaan, tentu jika musibah itu disikapi dgn kesabaran. keutamaan yg dimaksud antara lain:

  1. Terhapusnya dosa dan kesalahan. Nabi Muhammad SAW. bersabda, sebagaimana yg dituturkan Abu Hurairah RA. : Tidak ada penyakit, kesedihan dan bahaya yg menimpa seorang mukmin hingga duri yg menusuknya melainkan Allah akan mengampuni kesalahan-kesalahannya dengan semua itu (HR Al-Bukhari dan Muslim). dalam hadis lain Nabi SAW. bersabda: cobaan senantiasa akan menimpa seseorang mukmin dan mukminah, baik menimpa dirinya, anaknya maupun hartanya hingga ia bertemu dgn Allah dalam keadaan tidak mempunyai dosa (HR At-Tarmidzi).
  2. memperoleh pahala dan keridhaan Allah. Anas RA. meriwayatkan sebuah hadis secara marfu, "sesungguhnya besarnya pahala bergantung pada besarnya cobaan. jika Allah mencintai suatu kaum maka Dia akan mengujinya dgn cobaan. siapa saja yg ridho atas cobaan tersebut, maka dia akan mendapat keridhaan Allah..."
  3. Mendorong untuk ber-Taqarrub banyak beribadah kepada Allah SWT. betapa banyak muslim yg setelah ditimpa musibah terdorong untuk ber-Taqarrub kepada Allah dan berdo'a/beribadah kepada-Nya, yg semua itu tak pernah ia lakukan sebelum tertimpa musibah (QS Fushilat [41] : 51)
  4. Merupakan indikasi bahwa Allah menghendaki kebaikan. Rasulullah SAW bersabda : siapa yg dikehendaki oleh Allah kebaikan, maka Allah akan menimpakan musibah kepadanya (HR al-Bukhari). selain itu, orang-orang yg sabar dalam menghadapi musibah akan mendapatkan shalawat dan rahmat dari Allah SWT (QS Ali Imran [33] : 155-157)

No comments:

Post a Comment